Senin, 23 September 2013

Suriani Berjuang di PNPM-MPd



Pantang Menyerah untuk Pemberdayaan
SURIANI yang akrab disapa Pak Isur, Dia memulainya dari menjadi kader pemberdayaan masyarakat desa (KPMD) di Guha Kecamatan Labuan Amas Selatan.sangat familiar di Kecamatan Labuan Amas Selatan. Sifatnya humble, mudah bergaul, membuatnya dikenal baik di Kantor Kecamatan Labuan Amas Selatan maupun di desa-desa Jabatan sebagai sekretaris Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Labuan Amas Selatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) diperolehnya tidak mudah.
Dia ingat, pada Maret 2007 ditunjuk menjadi Kader Desa. Juni 2007 ikut test untuk menjadi Pendamping Lokal (PL) Kecamatan. Namun saat itu dia hanya menempati  peringkat kedua. Karena posisi PL hanya satu orang, maka saat itu  Pak Isur tetap menjadi kader desa.
Kemudian pada September 2007 saat ada pemilihan pengurus UPK, tanpa patah semangat kembali berkompetisi. Sayang, keberuntungan masih belum berpihak padanya. Baru pada Februari 2008 ia diangkat menjadi PL. Karena PL terdahulu mengundurkan diri, maka yang berada di ranking kedua secara otomatis naik dan diangkat menjadi PL. Februari 2011 kembali diadakan tes untuk jabatan UPK Kecamatan LAS, Ia pun mendaftar kembali dan akhirnya lulus tes menjadi sekretaris UPK Kecamatan LAS dan menjabat hingga sampai saat ini.
Dari perjalanan karirnya di PNPM-MP bisa dilihat, dia pantang menyerah dan selalu berjuang untuk menjadi yang terbaik, sesuai dengan motonya.“Selalu semangat, berusaha, berjuang dan berdoa,” katanya. Ini menjadi teladan bagi para pelaku pemberdayaan di mana pun.(Yudi, FK LAS, HST-Kalsel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar