Sabtu, 21 September 2013

Bukan Harapan Hampa Camat Sampanahan



PNPM-MPd Bukan Harapan Hampa
Camat Sampanahan Kabupaten Kota Baru, Kalsel,  Darmansyah SPd saat membuka musyawarah antar desa (MAD) prioritas usulan, di aula kantor kecamatan akhir tahun lalu mengatakan, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) bukanlah harapan hampa bagi masyarakat. Kini warga masyarakat enam desa dari 10 desa di Sampanahan tengah bergiat melaksanakan pembangunan yang didanai BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) senilai Rp 800 juta.

Menurut camat, proses PNPM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena sangat mementingkan kesetaraan gender. “Usulan pun sangat terbuka, semua direncanakan, dilaksanakan serta dipelihara oleh masyarakat. Keterbukaan inilah yang harusnya tetap dipertahankan di setiap pembangunan. Bantuan dari PNPM ini diharapkan terus menerus ada, baik itu dari SPP, maupun bantuan fisik, Dengan adanya program PNPM ini diharapkan masyarakat bukan hanya sekadar punya harapan yang hampa,tetapi masyrakat lah ujung tombak dari pelaksanaan program ini. Masyarakat bebas mengajukan usulan apa saja,tapi harus sesuai dengan ketentuan yang ada di PNPM,” papar Darmansyah selaku Pembina pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan di Sampanahan.
Ditambahkan, setiap pelaksanaan program bisa terarah dan bermanfaat untuk menunjang ekonomi masyarakat perdesaan, mengurangi angka kemiskinan di Sampanahan.  Dalam setiap tahapan, mulai perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknyanya oleh masyarakat dengan difasilitasi oleh FK, PJOK, UPK dan PL. “Juga agar kader pemberdayaan masyarakat desa di desa masing-masing pun bisa lebih semangat lagi untuk membangun desanya,” ujar Darmansyah lagi.
Ketua UPK Sampanahan, Wahidatun Nisa mengatakan, program ini dari masyarakat, untuk masyarakat dan dipelihara oleh masyarakat. Ia berharap, program pemberdayaan yang sudah ada dari tahun 2007  bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan dan bermanfaat untuk mengurangi angka kemiskinan. (Irsan-FK Sampanahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar