Jumat, 27 September 2013

Mandurian Hilir Tapin Tengah Bangun TK



Gedung TK Melati Putih Megah Honor Guru Rp 100 ribu
Gedung baru TK Melati Putih Desa Mandurian Hilir, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Kalsel, yang diresmikan 5 September 2013 lalu menyisakan masalah minimnya honor bagi empat gurunya yang mengasuh 25 murid. Setelah penyerahan bangunan senilai Rp 149.308.000 dari BLM PNPM Mandiri Perdesaan 2013 ditambah swadaya masyarakat dalam penyediaan lahan dan uang Rp 1.640.000, Muni F Herlina, Kepsek TK Melati Putih mengeluhkan minimnya honor guru yang hanya Rp 100 ribu per bulan.

"Mayoritas murid dari kalangan RTM," kata Muni kepada jajaran pejabat Dinas Pendidikan Tapin dan anggota Himpaudi se-Tapin usai pemotongan tumpeng tanda peresmian TK dalam acara MDST (Mustawarah Desa Serah Terima). Karena operasional TK baru September 2013, dana BOS dari Dinas Pendidikan belum bisa diperoleh.
"Bangunan terdiri 2 ruang kelas dan 1 ruang guru, dikerjakan selama 2,5 bulan ditambah dengan pengadaan meubelernya," tutur Nurul Iman, Fasilitator Teknis Tapin Tengah yang selalu mendampingi Fasilitator Kecamatan Susana Misriani mendorong masyarakat mau membayar SPP. Maka dibuat aturan berdasarkan kesepakatan bersama dengan orangtua murid, sumbangan dari orang tua murid per bulan Rp. 20.000, untuk membayar honor guru.
Fastekab Tapin Titis K Endah prihatin, besaran honor guru itu tak cukup untuk beli bensin sebulan.
"Sungguh mulia pekerjaan guru TK, dengan segala keikhlasannya mengabdi untuk turut membantu mencerdaskan generasi penerus. Semoga saja Pemerintah Daerah dapat mengalokasikannya melalui APBD Kabupaten Tapin untuk honor guru TK di Desa Mandurian Hilir ini," katanya.
Peresmian gedung oleh Camat Tapin Tengah yang diwakili Sekcam Darmansyah. "Kami berharap tim pemelihara dapat memelihara dan mengelola Sekolah TK ini. Juga perlu disiapkan Perdesnya dalam rangka pemanfaatan prasarana pendidikan ini," ujarnya. (Hairul-Faskab Tapin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar