Minggu, 29 September 2013

Jalan Rabat Beton Permudah Angkut Hasil Kebun



'Haraga' Tanah di Salam Babaris 'Balarang'
Pekerjaan paket jalan rabat beton di Desa Salam Babaris, Kecamatan. Salam Babaris, Kabupaten Tapin, Kalsel, sepanjang 422 meter lebar 3 meter pada pertengahan Oktober 2013 ditargetkan beres. Pendanaannya Rp 295.678.000 dari BLM PNPM-MPd 2013 memancing swadaya masyarakat Rp 9.030.000.

Ketua TPK Suhardi menjelaskan, ada sisa dana lelang yang belum dicairkan semua, akan digunakan untuk pembuatan jembatan plat beton. "Ini sebelumnya tidak ada di desain dan RAB," ujarnya. Menurut Saidi Noor Kepala Desa Salam Babaris, fungsi jalan selain sebagai jalan transportasi lingkungan, juga untuk mempermudah pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan sebagai mata pencaharian mayoritas penduduk Desa Salam Babaris.
"Harapannya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. "Imbah samakin babaik jalanan, haraga tanah jadi balarang", ujar Saidi Noor memprediksi jika jalan semakin baik tanah di sekitarnya menjadi mahal.
Camat Asnawi pun sangat senang dengan diperbaikinya jalan ini. "Saya setiap hari melalui jalan ini, karena tempat tinggal saya di sini, sehingga memudahkan saya untuk menuju ke ibu kota kabupaten," katanya. Dalam monitoring dan sertifikasi pekerjaan yang dilakukan bersama fasilitator dan masyarakat, kegiatan yang dilaksanakan oleh TPK bersama masyarakat sudah memadai karena sesuai dengan rencana desain," tutur Yuspi FT Kecamatan Salam Babaris yang selalu didampingi FK Dahliany.
Menurut Titis Fastekab Tapin, "berdasarkan hasil monitoring & evaluasi, dari tahun ke tahun pelaksanaan fisik prasarana di Kabupaten Tapin sudah semakin membaik". Hal serupa juga ditegaskan oleh Anwar Yamini dari Satker Kabupaten yang rutin melakukan monitoring dan pengawasan. (Hairul-Faskab Tapin)

1 komentar:

  1. Kelihatannya ini para investor sedang menyiapkan real estate buat warga RTM ya?

    BalasHapus