Kamis, 19 September 2013

Jalan Poros Desa di Aranio


Percepat Waktu Tempuh 50 ke 15 Menit

Hasil kegiatan prasarana dari PNPM Mandiri Perdesaan Integrasi tahun lalu, kini sangat diarasakan manfaatnya. Bagi masyarakat Desa Rantau Bujur, Desa Rantau Balai, dan Desa Apuai, akses jalan antar-desa tersebut hanya bisa ditempuh melewati sungai, dengan waktu tempuh cukup lama. Dari Apuai menuju Rantau Bujur memerlukan waktu sekitar 50 menit, sekarang 15 menit. Dari Rantau Bujur ke Rantau Balai memerlukan  40 menit, sekarang 10 Menit.

Pembangunan serta peningkatan jalan poros desa sepanjang ±4700 m dan lebar 3 m tersebut menyerap dana Rp. 378.505.000, dengan swadaya masyarakat sebesar Rp 67.598.500.

Dalam proses pelaksanaannya partisipasi masyarakat sangat tinggi, meskipun tidak didukung dengan peralatan yang canggih, masyarakat akhirnya dapat melaksanakannya sesuai dengan target volume yang debutuhkan. Dalam hal ini tidak hanya para laki-laki yang bekerja keras, tetapi pihak perempuan juga sangat antusias itut bekerja. Hasilnya sangat dirasakan terutama dalam bidang sosisial dan peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di tiga desa tersebut.

Dalam menyingkapi peralatan yang minim masyarakat tetap semangat. Dengan semangat sama-sama ingin membangun desa untuk kemanjuan bersama, mereka selalu berharap hasil PNPM Integrasi agar diperhatikan Pemerintah Daerah untuk keberlanjutannya. Terutama di daerah terpencil. (FK-FT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar