Jumat, 06 September 2013

Percepat Protan



Kelumpang Hilir Percepat Pembangunan Fisik

Usulan kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Kelumpang Hilir masih didominasi prasarana jalan, seperti pembangunan gorong-gorong dan drainase. Seperti pembangunan siring jalan di Desa Mandala dengan BLM 2013 dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan sebesar Rp 63.377.200, telah selesai dikerjakan akhir Agustus, dan pada September 2013 dilaksanakan MDST (Musyawarah Desa Sertah Terima). Tampak pada gambar, FT Ida Rizikanalia ST tengah mengukur ketebalan siring untuk sertifikasi kegiatan. 
Dari 6 desa yang memperoleh BLM untuk kegiatan fisik sarana prasarana, pada November diperkirakan sudah selesai semua dan melaksanakan MDST. Hal ini didukung oleh komitmen supplier pengadaan material yang bisa masuk angkut batu dan pasir serta semen, keluar mengangkut sawit. Karena itu material bisa didrop cepat.   
Di samping itu, pekerja siap lembur untuk mempercepat pengerjaan. Tahun 2013 Kelumpang Hilir memperoleh alokasi BLM Rp 800 juta, untuk pelatihan menjahit SPP Rp 24.701.000 dan untuk dana perguliran SPP Rp 28.421.000. Selebihnya digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana fisik, terbanyak untuk jalan desa.  (Tim FK)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar