Rabu, 13 November 2013

Antusias Warga Ringkit Sambut PNPM-MPd

MDP Dihadiri Masyarakat Beragam Suku
Antusias warga dalam MDP (Musyawarah Desa Perencanaan) Desa Ringkit Kecamatan Kuranji, Tanah Bumbu, 20 Oktober 2013 tampak dari kehadiran masyarakat di halaman kantor desa. Kaum perempuan dan laki-laki dari beragam suku, mulai Jawa, Sunda, Bali sampai Lombok tampak hangat bermusyawarah untuk mengambil kesepakatan kegiatan apa yang akan diusulkan dalam PNPM Mandiri Perdesaan.
Dulu Desa Ringkit masuk Kecamatan Kusan Hulu. Saat ada musyawarah jarang warganya hadir karena jarak ke kantor desa sangat jauh. Dengan memisahkan dari kecamatan Kusan Hulu dan menjadi desa mandiri atau desa definitif, Ringkit bisa membangun lingkungannya dengan cepat.
Rencana di 2014 MDP yang dilaksanakan menurut alur PNPM-MPd sama dengan  MD-4, selain mendorong  peran warga dalam kemajuan desa, juga pembangunan bisa terlaksana sesuai  RPJMDes. Segala permasalahan yang ada di setiap lingkungan bisa diketahui dari warganya sendiri sehingga bisa disampaikan kepada  pemerintah desa untuk ditindak lanjuti di masa yang akan datang.

Juga terkait pemeliharaan hasil pembangunan, harus disiapkan sejak usulan disetujui untuk  didanai. Setiap musyawarah warga masyarakat pemanfaat harus terus bisa berkoordinasi dan berkomunikasi supaya akar permasalahan yang ada kusus nya perbaikan atau pelestarian bisa dilaksanakan.
       Harapan Fasilitator Kecamatan,  partisipasi warga masyarakat dalam hal pembangunan. Sebab maju mundurnya desa tergantung dari kepedulian setiap warga masyarakat. (Ripana – Aa Permana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar