Sabtu, 16 November 2013

78 FK-FT Kalsel Dilatih Lebih Berdaya



Pelatihan Pratugas untuk Jadi Motivator Masyarakat

Pelatihan pra-tugas tahap II fasilitator kecamatan (FK) dan fasilitator teknik (FT) lanjutan PNPM Mandiri Perdesaan Kalimantan Selatan 17-28 November 2013 di Hotel Rodetha Banjarmasin diikuti oleh 60 orang. "Mereka terdiri dari para fasilitator yang sudah mengikuti pelatihan pratugas tahap I yang saat ini sudah terjun di lapangan sejak 2011 sampai 2013," kata Benito Septiano, spesialis HRD pada RMC-3 Kalsel.
Fokus pada pelatihan ini untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam pemberdayaan masyarakat perdesaan. Di Kalsel saat ini ada 98 orang FT dan 104 orang FK. Sebanyak 78 orang belum mengikuti pelatihan pratugas tahap kedua. "Sebanyak 60 orang mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Satker PNPM-MPd sesuai pagu anggaran dana dekonsentrasi di BPMPD Kalsel," tambah Benito.
Sisanya, 18 orang akan mengikuti pelatihan lanjutan yang diselenggarakan oleh RMC-3 pada 27 November sampai 8 Desember 2013. Untuk mengevektifkan pelatihan itu, mulai Sabtu 16 November 2013 tim pelatih melakukan konsolidasi materi agar para fasilitator lebih berdaya di lappangan dan mampu menjadi motivator masyarakat dalam melaksanakan program penanggulangan kemiskinan.
Mereka terdiri tim fasilitator kabupaten yang telah mengikuti pelatihan di Jakarta beberapa waktu lalu. Masing-masing Titin Mujiartasih (Faskeu Banjar) Andi Allen (Fastekab Banjar), Hairul Adnan (Faskab Tapin), Yendri Idrus (Fastekab Balangan), Henderi Brinaldi (Fastekab Hulu Sungai Tengah) dan Hepi Yugaswara (Faskab Kotabaru). (kie)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar