Minggu, 27 Oktober 2013

Transparansi Hindari Kerawanan di Rawana Hulu

Jalan Desa Rawana Hulu Kian Nyaman

Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dari PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Rawana Hulu Kecamatan Candi Laras Utara (CLU) Kabupaten tapin, Kalsel untuk kegiatan fisik langsung dirasakan manfaatnya. Pembuatan rabat beton jalan desa, sesuai usulan masyarakat di forum MAD akhir 2012 terealisasi Oktober 2013. Pengerjaan oleh masyarakat jalan sepanjang 1.150 meter dimulai April 2013, menggunakan peralatan standar molen sebagai pengaduk semen, dengan campuran 1:3:5.
Ronny, fasilitator teknik (FT) Candi Laras Utara yang melakukan sertifikasi hasil pekerjaan masyarakat itu menyatakan, kualitas dan kekuatan beton sudah cukup baik. Seorang warga bertutur, jalan yang tiap hari dilewatinya kini sudah nyaman. "Kalau dahulu musim hujan jalan desa kami sering becek", katanya dengan menambahkan, jalan yang dikerjakan oleh masyarakat ini lebih bagus kualitasnya dibanding pekerjaan sebelumnya.
Transparansi dan juga kebersamaan yang ditanamkan FT dan FK Kecamatan terhadap para pelaku program tingkat desa merupakan kunci sukses menghindari kerawanan menggunakan anggaran. "Sekarang masyarakat di Desa Rawana Hulu sangat menantikan Program PNPM MP dapat mendanai usulan mereka di Tahun Anggaran 2014," tambah warga.(Ronny-FT CLU Tapin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar