Rabu, 02 Oktober 2013

Bangun Titian Ulin Masih Sulit Air Bersih



Angkut Karet Tak Lagi 'Berenang'
BALANGAN- Ketua TPK (Tim Pengelola Kegiatan) JUT Bakung Desa Kusambi Hulu Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan Kalsel, Jantra bersama sekretaris Yanto dan bendahara Abdullah berencana mengundang Bupati Sefek Effendie pada November 2013 untuk meresmikan pembangunan jalan usaha tani yang dibiayai PNPM Mandiri Perdesaan Rp 269.607.000.
Itu sebagai wujud kegembiraan warga di Dusun Bakung RT 04 yang telah lama mendambakan transportasi ke areal perkebunan karet seluas 100 hektar. "Bila musim hujan kami tidak lagi harus berenang untuk ke kebun dan mengangkut getah karet," ujar Jantra usai selamatan selesainya pembuatan titian ulin 2x150 meter dan 2x90 meter, 2 Oktober 2013.

Pekerjaan peningkatan JUT di samping membangun titian ulin, juga perkerasan badan jalan dengan sirtu sepanjang 572 meter dan lebar 2 meter. Fasilitator Teknik, Dina Yuwinda ST memperkirakan pertengahan November 2013 sudah selesai semua dan dilaksanakan musyawarah desa serah terima (MDST). Dusun Bakung dihuni sekitar 30 KK, hampir semua berpenghasilan sebagai petani karet. Namun pemanfaat JUT itu tercatat 268 laki-laki dan 310 perempuan dengan 54 RTM, bukan hanya dari dusun tersebut. Warga pemilik kebun karet juga ada yang dari luar desa Kusambi Hulu.

Abdulrahman, kepala SD yang pernah bertugas 2 tahun di Kusambi Hulu dan kini menjadi Ketua Pokja RBM (Ruang Belajar Masyarakat) Kabupaten Balangan, terlibat aktif dalam pengusulan pembangunan JUT. "Jalan dan titian ulin ini bukan hanya memperlancar warga pergi pulang mengangkut getah. Tapi juga mempermudah warga ke tempat mandi dan cuci," ujar Abdulrahman.
Air bersih bagi warga Kusambi Hulu masih menjadi problem, terutama di musim kemarau. Prasarana yang pernah dibangun dari program lain dengan biaya Rp 350 juta sampai kini tetap mangkrak.
"Sejak selesai dibangun tahun 2011 air kran belum pernah mengalir," ujar Jantra. Warga mengandalkan sumur gali. Bila kemarau sumur kering, dan sebagian warga pergi ke sungai kecil yang dilintasi titian ulin. (kie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar