Selasa, 01 Oktober 2013

Perempuan Murung Ilung Tak Lagi Murung



Bupati Balangan Resmikan Jembatan Gantung
Jembatan gantung di Desa Murung Ilung Kecamatan Paringin Balangan, pada 20 Agustus 2013 diresmikan Bupati Sefek Effendie. Kaum perempuan yang tiap hari harus melintas sungai pergi-pulang berkebun kini tak lagi murung. Sebab jembatan lama yang terlalu rendah dan sering terkena banjir kini sudah terbentang kokoh, membuat warga khususnya kaum perempuan tak lagi cemas terjatuh saat melintas.

Warga desa mersakan manfaat jembatan yang diperbaiki dengan dana PNPM Mandiri Perdesaan tahun 2013. Menurut Ketua TPK (Tim Pengelola Kegiatan) Jailani, pembangunan jembatan 65 meter lebar 1,3 meter dibiayai dari BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) 2013 Rp 188.814.000 dan swadaya Rp 5.377.500, total Rp 194.191.500. "Banyak kebun warga di seberang sungai. Sekarang kalau mau ke kebun sudah nyaman," katanya menyebut usulan jembatan itu dari musyawarah khusus perempuan. Jembatan lama yang terlalu rendah saat banjir terkena sampah dan rusak.

Bupati Balangan saat meresmikan jembatan itu menyebut, PNPM-MPd sebagai upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan pengangguran secara terpadu dan berkelanjutan di wilayah perdesaan. Pemkab Balangan perlu mendukung sepenuhnya seluruh program  yang dilaksanakan PNPM MPd, karena program cukup efektif meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan.
"Kita patut berterimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan dana bantuan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan," ujar Bupati. Hadir pada acara peresmian itu Kepala BPMPD Ruspandi SPd MAP dan Camat Paringin Agus Muslim. (kie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar