Minggu, 27 Oktober 2013

'TK PNPM' di Mergasari Ilir CLU Tapin


Tunas Bangsa Dijadikan TK Pembina
Di pagi yang cerah, langkah tegap dan gagah terlihat dari seorang anak umum 5 tahun dengan mengunakan seragam putih dilapisi rumpi wana hijau tanpa sepatu. Rahman diiringi ibunya berjalan melewati titian kayu ulin menuju sekolah TK di Desa Margasari Ilir, Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Kalsel. “Bu cepat , Rahman terlambat, itu lihat Susi kawan ulun sudah lari-lari mau masuk, dan kawan-kawan ulun sudah masuk kelas”.
Itulah sekilas pemandangan di pagi hari, anak-anak TK bersemangat, wajah cerah, dan ingin cepat sampai di sekolah karena tempatnya belajar itu menjadi menyenangkan. Bermain bersama teman-teman.
TK Tunas Bangsa Desa Margasari Ilir merupakan salah satu bangunan yang dibiayai PNPM-MPd tahun 2012 sebesar Rp. 350.000.000. Luas bangunan 19 x 8 meter dengan dua ruang belajar ukuran 6 x 6 meter, 1 ruang guru 3 x 6 meter, dan selasar ukuran 2 x 19 meter. Melihat kondisi jumlah siswa yang terus bertambah dan bangunan lama tidak mencukupi sampai belajar siswa harus menggunkan balai desa ditambah bangunan lama hampir roboh, maka oleh desa diusulkan bangunan TK baru.
Di forum Musyawarah Antar-Desa (MAD) usulan itu beroleh peringkat atas, karena manfaatnya jelas. Ibu Dharma, guru yang sudah lama mengabdi di sana tentu ikut gembira dengan kondisi bangunan saat ini yang telah layak. Muridnya juga bertambah. "Hal yang mengembirakan ternyata TK Tunas Bangsa ini oleh Kabupaten mau dijadikan sebagai TK Pembina," ujarnya sambil berharap warga masyarakat dapat memelihara dan menjaga semangat anak-anak itu untuk terus belajar demi masa depan yang lebih baik. (Yayah- As. FK Kec. CLU, Kab Tapin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar