Kamis, 03 Oktober 2013

Batumandi Pertama Bangun Kantor UPK di Balangan



Camat: Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Desa
PARINGIN-Camat Batumandi Kabupaten Balangan Kalsel, Eshar Supriadi SPd, mengatakan, PNPM Mandiri Perdesaan di wilayahnya terus menerus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. "Kami berharap partisipasi masyarakat desa dalam program ini untuk merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan memelihara hasil PNPM terus ditingkatkan," ujarnya.

Eshar Supriadi saat membuka musyawarah antar-desa (MAD) sosialisasi PNPM-MPd Batumandi, Kamis 3 Oktober 2013, mengajak peserta yang merupakan perwakilan dari 18 desa untuk melaksanakan kegiatan dengan diniati demi kepentingan dan kesejahteraan bersama, khususnya warga RTM. Dengan demikian tak ada desa yang merasa paling penting dalam menyusun skala priortas.
Dana BLM di Batumandi untuk tahun 2014 sebesar Rp 800 juta, sama dengan tahun 2013. Namun untuk keterlibatan perempuan, menurut Camat, cukup baik. Dana perguliran SPP di UPK tahun lalu mengasilkan surplus Rp 60 juta yang digunakan untuk membangun fondasi kantor UPK. "Hari ini peletakan batu pertama, dan kami minta harus dibangun sampai selesai," ujar Eshar Supriadi yang mendorong UPK untuk mencari sumber pembiayaan lain untuk membangun kantor UPK.
Lokasi pembangunan kantor UPK Batumandi, Kabupaten Balangan.
Fasilitator Teknik Kabupaten (Fastekab) Balangan, Yendri Idrus memperkirakan, untuk membangun gedung UPK yang pertama di Kabupaten Balangan itu perlu dana sekitar Rp 120 juta, tidak termasuk tanah yang pengadaannya dari surplus UPK tahun-tahun sebelumnya. Sejauh ini pemkab belum membantu UPK membangun gedung kantor sendiri.
Ketua BKAD (Badan Kerjasama Antar-Desa) Batumandi, Nordjaini pada MAD itu menetapkan pengurus UPK baru, Normawati sebagai bendahara yang selama ini kosong. Sekretaris UPK Syaean menjelaskan, dalam mengisi kekosongan bendahara itu sudah lewat pengumuman, lima orang mendaftar dan diseleksi sampai menghasilkan yang terbaik. (kie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar