Kamis, 17 Oktober 2013

Semangat Gotong Royong di Sungai Pinang Baru



Warga Kompak Bangun Siring Jalan
Berkat kerjasama bagus para Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), Tim Penulis Usulan, serta utusan desa di MAD Prioritas  disertai doa seluruh masyarakat, . Usulan Penyiringan & Penyirtuan Jalan Desa Sungai Pinang Baru di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Kalsel, mendapat ranking ketiga untuk dibiayai dana BLM PNPM-MPd 2013.

Tim TPK yang diketuai  Samsir dan sekretaris Masrani bersama masyarakat menyambut gembira. Warga kompak, khususnya di lingkungan lokasi jalan di RT 02  dan RT 03 berkomitmen.  “Apabila usulan kita terdanai, maka akan kita kerjakan secara swadaya dan gotong royong” ujar Mugani, ketua TPK Desa Sungai Pinang Baru.
"Syukur alhamdulillah, dari awal mulai pekerjaan dilaksanakan sampai saat ini. Masyarakat sangat bersemangat bergotong royong yang dijadwalkan setiap Sabtu dan Minggu. Selain sebagai bukti keseriusan kami dalam proses pembangunan, kami juga bermaksud untuk melestarikan budaya gotong royong yang saat ini mulai jarang dilaksanakan di desa kami," ujar pambakal Aspan menambahkan.

Sungai Pinang Baru, desa yang berada di pinggiran perbatasan kecamatan  Sungai Tabuk ini memang kurang terkenal di masyarakat Banjar. Karena lokasi desa ini agak terpencil, berbatasan langsung dengan desa Tatah Layung Kecamatan Mandastana Kabupaten Batola.
Sejak  jalan tol km 17 dibuka, jalan menuju ke arah Handil Bakti Batola, akses jalan dari kecamatan menuju desa Sungai Pinang Baru semakin mudah dan lancar. 
Hanya saja saat ini masih terdapat beberapa ruas jalan di desa di Sungai Pinang Baru yang kondisinya rusak dan selalu terendam kalau lagi musim banjir antara lain penghubung jalan RT 02 ke RT 03 yg terdapat sekolah di pinggir jalannya.
Pada tahun ini, masyarakat desa mengusulkan agar perbaikan jalan tersebut dimasukkan ke usulan PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Sungai Tabuk yang juga disetujui oleh aparat desa serta Kepala Desa Aspan.
Anggaran untuk peningkatan jalan desa (penyirtuan & siring galam) panjang 386m x lebar 2m, besaran BLM untuk fisik Rp 95.145.000, operasional TPK Rp 3.004.500, Operasional UPK Rp 2.003.000, dan Swadaya Masyarakat Rp 8.035.000 ditambah swadaya pembelian tanah untuk pelebaran jalan Rp 18 juta.[yunani- fk Sungai Tabuk]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar