Minggu, 01 Desember 2013

Desa dengan Dua Paket BLM di Pandawan



Mahang Putat Perkuat JUT dan PSAB

Risnawati merasa senang, sumur bor di belakang rumahnya segera mengalirkan air bersih. Tinggal menunggu bak tandon air dan mesin pompa. Di sebelahnya juga terbentang jalan usaha tani (JUT) yang akan meperlancar transpotasi mengangkut hasil pertanian dari sawah dan kebun.
BLM 2013 dari PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Mahang Putat Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah memang mengucur Rp 141.151.000 untuk JUT dan Rp 49.736.000 untuk membuat sumur bor dan tandon air di delapan titik. Pembangunan JUT sepanjang 1025 meter, 300 meter di antaranya rehab, pada Desember 2013 diperkirakan ketua TPK Salamat dan bendahara H Ihak, sudah selesai dan di-MDST-kan.
Pendamping lokal (PL) Rusdiansyah yang aktif mendampingi proses pengusulan dan pelaksanaan pembangunan menyebut, Desa Mahang Putat termasuk aktif berpartisipasi dalam MAD, sehingga tahun 2013 memperoleh dua paket sekaligus. JUT merupakan kebutuhan petani untuk lalu lalang pagi dan petang ke kebun. Sedangkan air bersih jika kemarau sulit diperoleh. Sumur gali berkedalaman 20-25 meter kering. Maka pengeboran itulah yang kemudian diusulkan ke PNPM-MPd, dan bisa terdanai tahun ini.(kie)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar