Sabtu, 14 Desember 2013

Gairah Pelatihan Jurnalistik RBM Tanah Bumbu (2)



Terima BLM Rp 3 M Masyarakat
Kuranji Kadang Bawa Ego Sendiri
Masyarakat desa di Kecamatan Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu, kadang membawa egonya sendiri dalam musyawarah antar-desa (MAD) untuk mengalokasikan dana BLM (bantuan Langsung masyarakat)  dari PNPM Mandiri Perdesaan yang tahun 2013 memperoleh Rp 3 miliar.

“Dengan dana yang begitu besar maka seorang Pendamping Lokal harus kerja lebih ekstra,  mulai dari perencaan kegiatan, pelaksaan sampai dengan pelestarian,” kata Nurdin, pendamping lokal (PL) di Kecamatan Kuranji saat mengikuti pelatihan jurnalistik  bagi pelaku pemberdayaan di Batulicin, 13-14 Desember 2013.
Menurut Nurdin, PL harus bekerja mulai dari MAD Sos (Musyawarah Antar Desa Sosialisasi) sampai pada rapat Prapelaksanaan TPK. “Maka seorang PL harus selalu siap memfasilitasi kegiatan tersebut. Itu baru perencaan,”  ujarnya dengan menambahkan, pada proses pelaksanaan harus bekerja mulai dari pemeriksaan RPD (Rencana Penggunaan Dana) sampai pada pemeriksaan LPD (Laporan Penggunaan Dana).
Ketika di tanya tentang masalah yang ada di Kecamatan, dikatakannya selama ini untuk Kecamatan Kuranji tidak ada masalah yang sangat fatal. “Ya, paling kita harus berhadapan dengan masyarakat di desa yang kadang membawa egonya sendri. Namun semua itu dapat kita pecahkan dengan duduk bersama,” ujarnya dengan senyum. (*Syamsul,Nurdin,Wiyati,Hadi*)

1 komentar: