Minggu, 11 Agustus 2013

Anugerah Si Kompak Award, PL Kalsel Terbaik II





Anugerah Si Kompak Award, PL Kalsel Terbaik II



Ardiansyah(tengah), pendamping lokal Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan, Kalsel, meraih penghargaan terbaik kedua


Pelaksanaan Anugerah SiKompak Award 2013 pada 18 – 20 Juni di Hotel Sahid Jaya, Jakarta., d dibuka oleh Meko Kesra Agung Laksono, yang dihadiri  oleh Menteri Dalam Negeri,  Gamawan Fauzi, Gubernur dan Bupati lokasi PNPM Mandiri Perdesaan serta Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi & kabupaten.
Anugerah Si Kompak Award diberikan kepada lembaga, pelaku dan pembina PNPM Mandiri Perdesaan terbaik nasional untuk kategori Unit Pengelola Kegiatan (UPK), Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Pendamping Lokal (PL) dan Perencanaan Pembangunan Desa (PPD).
Sebelumnya sudah dilakukan seleksi berjenjang dengan kriteria penilaian yang selektif dan terperinci terhadap masing-masing kategori penilaian. Tim penilai di setiap provinsi melakukan penilaian atas pemenang terbaik di kabupaten yang  diperkuat oleh surat keputusan Gubernur terhadap hasil seleksi di tingkat provinsi. Dari setiap provinsi yang mengajukan kandidatnya kemudian diseleksi oleh Tim Penilai Nasional berdasarkan verifikasi lapangan dan kelengkapan dokumen.
Untuk kategori terbaik  Operasional, Kelembagaan dan Pelayanan  Unit Pengelola Kegiatan (UPK) adalah Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh.  Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dan Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggar Timur. Untuk kategori bidang Kelembagaan, Kemitraan dan Kerjasama serta Peran dan Fungsi Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) adalah Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kecamatan Kadu, Kabupaten Kuningan, Jawa  Barat dan Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Untuk kategori desa dalam Perencanaan Pembangunan Desa (PPD) adalah desa Putungo, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Timur dan desa Margalaksana, Kecamatan Salawu, Tasik Malaya, Jawa Barat. Terpilih Pendamping Lokal (PL) terbaik, Yuyun Rosilawati, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Jambi, Ardiansyah, Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan dan  Jeremi P. Antara, Kecamatan Tabukan Tengah, kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara. Khusus bagi pemenang Si Kompak Award pada tahun 2012, 2011 dan 2010 tidak lagi masuk dalam seleksi yang dilakukan.
Pemberian anugerah sebagai wujud aspresiasi dan perhatian pemerintah terhadap para Pembina, Pelaku, Pendamping dan fasilitator yang memiliki dedikasi dan menunjukan kinerja terbaiknya. Kegiatan ini merupakan acara rutin tahunan yang digelar Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kementerian Dalam Negeri selaku Pembina PNPM Mandiri Perdesaan. Dalam acara ini juga diselenggarakan pameran foto-foto kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan yang dikumpulkan dari berbagai daerah di tanah air. (Unit KIE)


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar